Pages

BAB V - PENUTUP

BAB V PENUTUP 

 5.1. Kesimpulan Dari hasil pembahasan pada bab sebelumnya, dan berdasarkan hasil pengujian dan analisa cara kerja rangkaian sistem penghitung random yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan beberapa hal: 

1. Untuk lebih menjamin keamanan dan mematuhi regulasi penerbangan, salah satunya dengan cara pemasangan alat penghitung random terhadap barang bawaan pada mesin x- ray. Alat penghitung random terhadap barang bawaan dibutuhkan untuk mempermudah kerja petugas pemeriksaan keamanan penerbangan dalam menentukan barang bawaan mana yang masuk hitungan 10% (sepuluh persen) dan wajib dilakukan pemeriksaan manual. 

2. Sensor mampu mendetksi benda uji, counter menghitung dengan tepat dan keluaran (output) baik itu lampu indikator terealisasi. 

3. Selama proses pengujian alat penghitung random tidak terjadi kesalahan (error). 

4. Dari uji kinerja alat untuk penghitungan random dibandingkan dengan penghitungan random yang dilakukan operator didapatkan hasil data yang sama, artinya rangkaian miniatur alat penghitung random bekerja dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. 

 5.2. Saran Ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan masukan atau dikembangkan dan disesuaikan terkait perancangan alat penghitung random barang bawaan, diantaranya: 
1. Untuk memenuhi standar ICAO dan aspek keamanan penerbangan, pihak bandar udara diharapkan dapat melakukan pemasangan dan pengoperasian alat penghitung random barang bawaan sebagai salah satu peralatan keamanan dalam proses pemeriksaan penumpang dan barang bawaannya. 

2. Dalam hal penggunaan sensor perlu kiranya dicoba dengan menggunakan komponen sensor lainnya, seperti halnya infrared sebagai pembanding. 

3. Dalam kondisi sesungguhnya alat penghitung random barang bawaan memerlukan daya yang cukup besar, maka untuk pengotrolnya lebih cocok jika menggunakan Programable Logic Control (PLC). 

4. Untuk aplikasi sistem alat secara nyata perlu dilakukan penyesuaian, pemilihan komponen dan alat yang tepat, khususnya pada sensor dan sistem daya yang berbeda tentunya berdaya lebih besar. 

5. Rancangan alat ini dapat digunakan di semua bandar udara, karena hanya tinggal dipasang pada mesin x- ray yang ada.

Tandai dan share ke teman anda !

Baca pula tulisan lainnya !

2 komentar:

All Gaming mengatakan...

thanks atas infonya berguna sekali...
God Bless...

PapjoBali mengatakan...

Sama- sama vero acap

Posting Komentar